PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SD NEGERI DEMAKIJO 2

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning), yang berbeda dengan pembelajaran berbasis projek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak formal, struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif, dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi yang dimiliki siswa.

Prinsip-prinsip Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila antara lain, holistik, kontekstual, berpusat pada peserta didik, dan eksploratif. Dalam hal ini, peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran dengan fleksibel, aktif, berpartisipasi sehingga mendapatkan pengalaman pembelajaran yang menarik.

Sedangkan peran pendidik yaitu sebagai fasilitator pembelajaran yang memberikan banyak kesempatan bagi peserta didik untuk mengeksplorasi berbagai hal atas dorongannya sendiri. Harapannya, setiap kegiatan pembelajaran dapat mengasah kemampuan peserta didik dalam memunculkan inisiatif serta meningkatkan daya untuk menentukan pilihan dan memecahkan masalah yang dihadapinya.

Pelaksanaan P5 di SD Negeri Demak Ijo 2 sudah di rencanakan pada awal semester gasal tahun pelajaran 2022/2023, dimana setiap wali kelas mulai kelas 1 sampai dengan kelas 6 di bimbing oleh Kepala Sekolah untuk merumuskan tema P5 dan persiapan kerjasama dengan wali murid.

Kemudian, P5 terlaksana pada tanggal 2 dan 9 November 2022, dengan mengusung Tema Kewirausahaan yaitu mengolah makanan berbahan dasar ubi, singkong, dan buah-buahan. Pembagian kelompok dan bahan-bahan diserahkan kepada masing-masing wali kelas.

Pelaksanaan P5 diawali dari kelas atas pada tanggal 2 November 2022 :

Kelas 6 : Membuat carang gesing, yaitu makanan tradisional berbahan dasar pisang.
Kelas 5 : Membuat bola ubi ungu krispi isi coklat lumer berbahan dasar ubi ungu.
Kelas 4 : Membuat cemplon, satelit, sawut, dan combro, yaitu makanan tradisional berbahan dasar singkong.

Pelaksanaan P5 kelas bawah pada tanggal 9 November 2022 :

Kelas 3 : Membuat jus buah-buahan
Kelas 2 : Membuat salad buah dengan saus yoghurt
Kelas 1 : Menghias donat dengan selai warna warni

Kepala Sekolah SD negeri Demak Ijo 2, Ibu Apri Nur Lestari mengatakan, ” Anak-anak sangat kreatif menuangkan idenya dalam masakan yang dibuat. Alhamdulillah pelaksanaan P5 berjalan dengan lancar, dan SD Negeri Demak Ijo 2 mengawali pelaksanaan P5 tingkat SD segugus Nogotirto, Gamping, Sleman”. Tentunya kegiatan ini tidak lepas dari dukungan dan pendampingan Ibu Apri Nur Lestari.

Pengawas tingkat SD segugus Nogotirto, Bapak Mundiharto yang saat pelaksanaan P5 kelas 4,5,6 mengatakan “untuk jenjang sekolah dasar pelaksanaan P5 tema Kewirausahaan hanya sampai pada praktiknya saja, tidak sampai menjualkan atau bernilai ekonomi”. Bapak Mundiharto juga membrikan motivasi kepada peserta didik kelas 4,5,6 untuk semangat berkreativitas, dan harapannya SD Negeri Demak Ijo 2 dapat menjadi percontohan untuk SD lain segugus Nogotirto.

92 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.