Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SD N Demakijo 2

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar (Kemdikbud, 2021)

Persiapan ANBK sudah dilakukan mulai dari bulan September 2021 yang terdiri dari penyiapan komputer dengan spek yang memadai, adanya pelatihan bagi proktor dan teknisi, pendalaman materi untuk siswa kelas 5, dan penyiapan pelaksana teknis secara internal dari bapak dan ibu guru di sekolah.

SD N Demakijo 2 pada tahun ini pertama kalinya melaksanakan ANBK yang diikuti oleh siswa kelas 5 berjumlah 28 siswa. Karena adanya pembatasan tatap muka di masa pandemi ini, pelaksanaan ANBK di SD N Demakijo 2 dibagi menjadi dua sesi, yang setiap sesinya dilaksanakan selama empat hari yaitu senin,selasa,rabu, dan kamis. Dengan kuota per hari terdiri dari 7 siswa yang mengikuti ANBK. Sesi pertama mulai tanggal 15-18 November 2021, dan sesi kedua mulai tanggal 22-25 November 2021.

Pelaksanaan ANBK SD N Demakijo 2 berjalan dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, yaitu :

  1. Bapak Bambang Lipuro, M.Pd., Kepala Sekolah SD N Demakijo 2
  2. Ibu Ismi Yumiati, S.Pd., sebagai pengawas ruangan berasal SD NU Sleman.
  3. Ibu Ruthmayanti, S.EI, sebagai proktor ANBK 2021
  4. Ibu Titik Setyowati, S.Pd., sebagai wali kelas kelas 5 dan teknisi ANBK 2021
  5. Bapak dan Ibu Guru SD N Demakijo 2 yang turut serta membantu kelancaran ANBK SD N Demakijo 2

15 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *