JAGA KESEHATAN DENGAN CUCI TANGAN BERSAMA MAHASISWA REKAM MEDIS UGM

IMG_3553

Para mahasiswa Rekam Medis UGM semester 2 hadir di SDN Demakijo 2 dengan membawa Pengetahuan Kesehatan loh.. apa itu? jawabannya adalah Cara mencuci tangan yang benar. Cuci tangan sepertinya kegiatan yang biasa, namun jika tidak dilakukan akibatnya bisa fatal.

Para mahasiswa Rekam Medis UGM melakukan kegiatan sosialisasi cuci tangan dan memberi contoh melakukan cuci tangan, dengan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan penanggung jawab kesiswaan di SDN Demakijo 2 yaitu Bapak Shoheh. Siswa yang dilibatkan dalam acara ini adalah kelas 4 dan 5.

Para mahasiswa Rekam Medis UGM memberi contoh melakukan cuci tangan dengan menggunakan 2 media, yaitu Gel pembersih tangan (antiseptik) dan menggunakan sabun dan air. Dalam penjelasan video dan praktik langsung, sudah jelas di peragakan beberapa langkah dalam melakukan cuci tangan dengan baik dan benar. Para mahasiswa juga menjelaskan, bahwa mencuci tangan dapat menyelamatkan kita dari berbagai penyakit yang bisa saja berasal dari Tangan kita sendiri. Jadi penting sekali mencuci tangan setelah melakukan kegiatan apapun, untuk membunuh kuman dan bakteri di tangan kita.

Selain menjelaskan pentingnya cuci tangan, para Mahasiswa Rekam Medis UGM juga menjelaskan juga tentang bagaimana kondisi tangan kita saat belum cuci tangan loh. Yang ternyata, hidup ribuan bahkan ratusan ribu kuman dan bakteri yang berkembangbiak dengan subur di telapak tangan kita. Asalnya adalah dari benda-benda yang kita sentuh dengan tangan, maupun dari keringat telapak tangan kita sendiri.

Bayangkan saja, jika ribuan atau bahkan ratusan ribu kuman dan bakteri itu masuk ke dalam tubuh kita. Tentu saja akan mempengaruhi kesehatan kita, terutama masalah pencernaan. Pencernaan kita dapat terganggu dan berbagai masalah pencernaan akan muncul sebagai contoh sakit perut.

Tidak mecuci tangan setelah melakukan kegiatan, juga dapat membahayakan kulit kita, karena ada juga berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan kulit. Gatal, sepertinya sepele namun dengan bantuan tangan yang kotor, penyakit tersebut dapat menular ke daerah kulit yang lainnya. Contoh lain jika kita tidak mencuci tangan setelah menjenguk orang yang sedang sakit, besar kemungkinan kita dapat tertular atau bahkan tiba-tiba sakit karena kita menularkan penyakit tersebut sendiri, melalui tangan kita.

Maka dari itu siswa-siswi SDN Demakijo 2 sangat antusias dengan kegiatan ini. Karena banyak informasi dan ilmu yang mereka peroleh dan dapat langsung dipraktikkan. Siswa siswi SDN Demakijo 2 sudah mulai belajar Rajin Cuci Tangan loh, kamu kapan?

 

Segera ya! karena menjaga kesehatan sejak dini itu penting, agar tidak menyesal di kemudian hari.  Ayo cuci tangan mu, selamatkan kesehatan untuk masa depan mu. SALAM SEHAT! KESEHATAN ITU BERHARGA DAN MAHAL HARGANYA.

 

#LatePost

 

328 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *